Cara Menebalkan Tulisan di Whatsapp (Bold) Web dan HP, Praktis!

Cara menebalkan tulisan di Whatsapp akan menjadikan pesan dalam wa lebih diperhatikan. Menebalkan tulisan di WhatsApp telah menjadi praktik umum dalam berbagai kondisi. Fitur ini digunakan untuk menyoroti pesan penting atau untuk mengekspresikan emosi yang lebih kuat.

Dalam beberapa situasi, teks tebal digunakan untuk menonjolkan informasi kunci dalam percakapan bisnis, memastikan pesan tersampaikan dengan jelas. Di lingkungan pribadi, menebalkan teks bisa menunjukkan urgensi atau perasaan yang dalam.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana menebalkan tulisan dalam aplikasi WhatsApp. Akan dijelaskan juga apa saja fungsinya. Jadi, kamu bisa menyimak dan membaca sampai akhir.

Tujuan Menebalkan Tulisan di Whatsapp

Tujuan-Menebalkan-Tulisan-di-Whatsapp

Sebelum membahas mengenai cara menebalkan tulisan di Whatsapp, penting juga memahami kenapa tujuannya. Ada beberapa kondisi yang membuat banyak tulisan tebal di WA yang kita jumpai, misalnya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kepentingan Pesan

Menebalkan teks dalam pesan WhatsApp membantu menyoroti poin-poin penting dalam percakapan. Ini dapat mengarahkan perhatian penerima pada informasi kunci yang ingin disampaikan.

2. Ekspresi Emosi yang Lebih Kuat

Dalam situasi ketika kata-kata sendiri tidak cukup, teks tebal dapat digunakan untuk mengungkapkan emosi yang lebih intens. Hal ini membantu menciptakan nuansa dan perasaan yang lebih dalam dalam percakapan.

3. Penekanan dalam Konteks Bisnis

Di dunia bisnis, menebalkan teks bisa memberikan penekanan pada detail penting seperti tanggal tenggat atau angka-angka tertentu. Ini membantu memastikan informasi krusial tidak terlewatkan oleh penerima.

4. Menggarisbawahi Urgensi

Dalam situasi mendesak, menebalkan teks bisa menandakan kepentingan mendesak atau instruksi yang harus diikuti segera. Ini membantu memastikan bahwa pesan tersebut diperhatikan dengan segera.

5. Personalisasi dan Identitas

Menebalkan teks juga bisa digunakan sebagai bentuk personalisasi dalam komunikasi. Orang sering menggunakan teks tebal untuk mengekspresikan gaya berbicara atau ciri khas tertentu dalam percakapan, mencerminkan identitas mereka.

Cara Menebalkan Tulisan di Whatsapp HP dan PC/Web

Cara-Menebalkan-Miring-dan-BergarisTulisan-di-Whatsapp-dengan-Cepat-dan-Mudah

Para pengguna dapat menjadikan tulisan lebih tebal, miring, atau bergaris pada kolom percakapan WA secara mudah. Ada dua metode yang dapat dilakukan jika dilihat dari apa perangkat yang dipakai. Berikut ini penjelasannya:

1. Melalui Smartphone

Cara menebalkan tulisan di Whatsapp pertama yang dapat kamu lakukan bisa melalui smartphone. Cara ini dinilai lebih mudah dan praktis, serta dapat diakses siapapun selama terkoneksi dengan internet. Berikut panduannya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu.
  • Pilih kolom chat dengan kontak yang ingin kamu kirimkan tulisan tebal.
  • Ketik tulisan yang ingin ditebalkan.
  • Blok tulisan tersebut dengan menekan dan menahan teks tersebut.
  • Klik simbol tiga titik (untuk pengguna Android) atau simbol “BIU” (untuk pengguna iPhone) di bagian atas layar.
  • Pilih opsi “Bold” untuk menebalkan tulisan.
  • Selesai, tulisan kamu di kolom chat akan berubah dari biasa menjadi tebal.

2. Melalui Komputer/Laptop

Selain dengan perangkat handphone, banyak juga pengguna yang memakai komputer dalam aktivitasnya termasuk Whatsapp. Jika kamu juga, maka cara menebalkan tulisan di Whatsapp dapat kamu ikuti di bawah ini:

  • Buka WhatsApp Web menggunakan perangkat laptop atau PC yang kamu gunakan.
  • Setelah terhubung dengan WhatsApp Web, pilih kontak teman yang akan kamu kirimkan pesan dengan tulisan tebal.
  • Untuk mempertebal tulisan dalam pesan di WhatsApp Web, cukup tambahkan simbol bintang (*) di sebelah kiri dan kanan kata, kalimat, atau paragraf yang ingin kamu tebalkan.

3. Cara Membuat tulisan Bergaris di Whatsapp

Menggunakan tulisan bergaris di WhatsApp bisa memberikan pesan kamu tampilan yang lebih menarik. Dengan sedikit trik, kamu dapat membuat teks dengan garis di sekelilingnya. Berikut adalah panduan sederhana untuk membuatnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu.
  • Pilih kontak atau grup chat dengan orang yang ingin kamu kirimi pesan bergaris.
  • Ketikkan pesan seperti biasa.
  • Blok teks yang ingin digariskan dengan menekan dan menahan teks tersebut.
  • Di bagian atas kolom chat, kamu akan melihat ikon simbol tiga titik (untuk pengguna Android) atau simbol “BIU” (untuk pengguna iPhone). Klik ikon ini.
  • Dalam menu opsi pemformatan, pilih “Strikethrough” atau “Garis Tengah” untuk mengaplikasikan efek garis pada teks yang dipilih.
  • Setelah dipilih, teks yang kamu blok akan berubah menjadi tulisan bergaris di kolom chat.

4. Cara Membuat Tulisan Miring di WA

Selain mengetahui cara menebalkan tulisan di Whatsapp, penting juga memahami bagaimana membuat tulisan miring di aplikasi ini. Pada dasarnya hampir sama saja, namun perintahnya khusus. Berikut penjelasannya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu.
  • Pilih kontak atau grup chat dengan orang yang ingin kamu kirimkan pesan dengan tulisan miring.
  • Ketikkan pesan kamu seperti biasa.
  • Blok teks yang ingin kamu miringkan dengan menekan dan menahan teks tersebut.
  • Di bagian atas kolom chat, kamu akan melihat ikon simbol tiga titik (untuk pengguna Android) atau simbol “BIU” (untuk pengguna iPhone). Klik ikon ini.
  • Dalam menu opsi pemformatan, pilih “Italic” atau “Miring” untuk menerapkan efek tulisan miring pada teks yang dipilih.
  • Setelah dipilih, teks yang kamu blok akan berubah menjadi tulisan miring di kolom chat.

Solusi Jika Tidak Bisa Membuat Huruf Tebal, Miring dan Garis di WA

Dalam penggunaan WhatsApp, kemampuan untuk memformat teks dengan huruf tebal, garis tengah, atau miring adalah fitur yang berguna untuk menekankan dan mempersonalisasi pesan. Namun, jika kamu mengalami kesulitan dalam menggunakan fitur ini, terdapat beberapa solusi yang dapat dicoba sebelumnya:

1. Update Aplikasi WhatsApp

Pastikan kamu menggunakan versi terbaru aplikasi WhatsApp. Terkadang, masalah pemformatan dapat diatasi dengan mengunduh versi terbaru yang mungkin telah memperbaiki bug terkait.

2. Memakai Tanda Baca yang Benar

Pastikan kamu menggunakan tanda baca yang benar saat mencoba memformat teks. Misalnya, untuk membuat tulisan tebal, pastikan kamu menambahkan tanda asterisk (*) di awal dan akhir kata atau kalimat (*teks tebal*).

3. Menggunakan Font Default HP

Jika fitur pemformatan bawaan WhatsApp tidak berfungsi seperti tulisan tebal di wa, cobalah gunakan font default atau standar yang disediakan oleh perangkat kamu. Terkadang, masalah dalam pemformatan bisa diselesaikan dengan cara ini.

4. Mengupdate Sistem Operasi

Terkadang, masalah pemformatan teks di WhatsApp bisa terjadi karena ketidakcocokan dengan versi sistem operasi yang digunakan. Memastikan perangkat kamu menjalankan versi OS terbaru dapat membantu memperbaiki masalah ini.

Meskipun fitur pemformatan dapat memperkaya cara kamu berkomunikasi dalam WhatsApp, adakalanya mengalami hambatan teknis. Jika solusi di atas tidak berhasil, menjaga konten pesan tetap jelas dan efektif tetaplah yang utama dalam mengirimkan pesan.

Dengan memanfaatkan cara menebalkan tulisan di Whatsapp, bergaris maupun miring, kamu dapat memberikan pesan kamu sentuhan khusus untuk menyoroti informasi penting. Melalui beberapa langkah sederhana, maka dapat menebalkan teks dan mengkomunikasikan pesan dengan lebih efektif.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar