4 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap dari Jarak Jauh dan Solusi

Bagaimana cara mengetahui WhatsApp disadap dari jarak jauh penting diketahui oleh siapapun yang merasa curiga hpnya disadap. Meskipun WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end, risiko penyadapan masih ada.

Penting untuk memahami tanda-tanda penyadapan jarak jauh untuk mengatasi masalah ini. Penyadap dapat memantau pesan, file, kontak, dan data pribadi lainnya. Pihak WhatsApp sebenarnya mendukung aduan pengguna terkait penyadapan guna mencegah dampak serius.

Jika perangkat kamu memang terindikasi atau disuruh nyanyi sedang disadap, maka hal tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sayangnya, banyak orang yang mengetahui perangkatnya disadap atau tidak. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengetahuinya.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap dari Jarak Jauh dengan Langkah-langkah Mudah

Cara-Mengetahui-WhatsApp-Disadap-dari-Jarak-Jauh-dengan-Langkah-langkah-Mudah

Penyadapan terhadap akun Whatsapp memang kerap kali dilakukan dengan berbagai alasan. Misalnya, untuk mengetahui aktivitas pasangan, anak, dan lain-lain. Akan tetapi, banyak pula yang ternyata memanfaatkan penyadapan tersebut untuk melalui data-data pribadi orang lain.

Kalau hal tersebut dilakukan tentu sangat berbahaya, karena data pribadi bisa memuat informasi sensitif bahkan berhubungan dengan keuangan. Oleh karena itu, cara mengetahui WhatsApp disadap dari jarak jauh bisa mengikuti panduan yang akan dijelaskan.

1. Memastikan Adanya Perangkat Lain yang Login ke WA

Cara pertama dalam mengetahui apakah WhatsApp sedang disadap atau tidak, yaitu memastikan apakah ada perangkat lain yang mencoba untuk login. Kalau ada perangkat lain yang tidak dikenali namun tiba-tiba ingin login, maka kemungkinan besar sedang dicoba diretas oleh orang lain dengan perangkat tertentu.

Cara mengetahuinya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Whatsapp milik kamu yang terinstal di handphone.
  • Selanjutnya, kamu bisa klik pada icon tiga titik.
  • Selanjutnya, bukalah pada bagian perangkat tertaut untuk melihat data perangkat lain yang login.
  • Perhatikanlah informasi daftar perangkat yang tampil di sana. Kalau ada yang tidak kamu kenali, maka bisa dipastikan sedang diretas.

Cara cek HP disadap di atas, saat terdapat perangkat lainnya yang tidak dikenali dan mencoba melakukan login berulang kali kamu harus curiga. Tandanya, hampir bisa dipastikan ada orang yang ingin menyadap isi WhatsApp milik kamu. Segera log out atau hapus perangkat tersebut pada daftar.

2. Menerima Pesan Kode Verifikasi Dari WA

Cara berikutnya adalah mengetahui handphone disadap atau tidak, yaitu memastikan adanya pesan kode verifikasi diterima dari wa. Kamu bisa mengecek pada aplikasi SMS, lihat apakah ada pesan masuk yang mengandung informasi tentang kode verifikasi WhatsApp milik kamu sendiri.

Caranya sebagai berikut:

  • Bukalah menu SMS di handphone.
  • Selanjutnya, lihatlah apa ada pemberitahuan atau pesan masuk dari pihak WhatsApp dan berisi kode OTP.
  • Kalau misalnya ada dan kamu merasa tidak melakukan suatu hal yang mengharuskan pengiriman kode OTP ke handphone, maka kemungkinan orang sedang berusaha untuk login.

Apabila kamu menerima sms dari WhatsApp tiba-tiba dan tidak diketahui, bisa jadi seseorang berusaha untuk menyadap akun. Jika memungkinkan, segeralah untuk melaporkan kepada pihak WhatsApp. Tujuannya, supaya peretas tersebut tidak bisa login serta mengakses pesan di dalamnya.

3. Tidak Dapat Melakukan Panggilan WA

Kalau memang akan WhatsApp kamu telah disadap, pastinya ada tanda-tanda yang bisa dirasakan. Cara mengetahui WhatsApp disadap dari jarak jauh terkait poin ini akan dijelaskan berikut:

  • Buka pada halaman chat room WhatsApp, selanjutnya klik pada ikon cari.
  • Ketikan nama kontak yang hendak kamu hubungi.
  • Tap pada tombol telepon agar memulai panggilan WhatsApp ke kontak itu.
  • Kalau kamu tidak bisa melakukan panggilan telepon WhatsApp, berarti akun sedang disadap.

Untuk akun yang sedang diretas tidak bisa melakukan panggilan. Ini disebabkan ada pihak lain yang memakai nomor tersebut. Selama penyadap tersebut masih memakai akun Whatsapp, maka fungsi fitur aplikasi banyak yang tidak dapat dipakai dengan maksimal.

4. Baterai Terasa Lebih Cepat Habis

Ciri-ciri WhatsApp disadap oleh perangkat lain, akan membuat konsumsi baterainya juga lebih cepat dan besar. Kamu bisa melihat pada halaman pengaturan handphone, kemudian mengetahui penyebab baterai habis serta aplikasi yang menyerap dayanya.

  • Bukalah menu setting atau pengaturan di handphone.
  • Selanjutnya, pilih pada menu baterai agar melihat informasi secara detail.
  • Berikutnya, di halaman baterai, kamu akan melihat adanya opsi perangkat.
  • Dalam opsi Ini, mengandung informasi aplikasi mana saja yang paling banyak menyerap daya baterai sehingga lebih cepat habis.

Biasanya, aplikasi WhatsApp hanya menyerap daya baterai perangkat dalam jumlah sedikit, terlebih lagi jika hanya memanfaatkannya untuk keperluan teks saja. Kalau WhatsApp selalu menjadi aplikasi yang paling menyerap banyak daya di baterai handphone, ini ada indikasi sedang disadap.

Solusi Mengatasi WhatsApp Disadap dari Jarak Jauh

Solusi-mengatasi-WhatsApp-Disadap-dari-Jarak-Jauh

Apabila kamu telah yakin dan menemukan bahwa akun Whatsapp sedang diretas, ada baiknya segera melakukan tindakan untuk mengatasi hal tersebut. Tujuannya untuk mencegah tindakan yang merugikan pemilik akun. Berikut ini cara mengatasinya:

1. Instal Ulang Aplikasi WA

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menginstal ulang aplikasi WA. Pada dasarnya, ketika instal ulang tersebut para pengguna harus memperoleh OTP baru 6 digit. Dengan kode tersebut kamu dapat masuk kembali ke akun wa dan menutup akses orang lain yang mencoba meretas.

2. Menonaktifkan Akun

Ketika kamu yakin bahwa WhatsApp sedang disadap, bisa juga melakukan tindakan segera yaitu nonaktifkan akun. Kamu bisa mengirimkan email ke [email protected] agar dibantu membuat akun wa aktif serta penyadap tersebut tidak akan menyalahgunakannya lagi.

Saat sudah berhasil kirim email, kamu akan memperoleh balasan serta memakai kembali akun Whatsapp 30 hari kemudian. Tindakan tersebut dinilai cukup efektif, karena tidak akan secara mudah login serta mengakses kembali seperti yang dilakukan sebelumnya.

3. Melakukan Aktivasi Verifikasi 2 Langkah

Aktivasi verifikasi 2 langkah menjadi sebuah cara yang cukup ampuh dalam mengantisipasi WhatsApp disadap. Pengaturan tersebut bisa ditemukan dengan mudah pada setiap aplikasi di handphone, sehingga untuk mengaktifkannya juga cukup mudah. Langkah-langkahnya bisa disimak berikut ini:

  • Buka aplikasi Whatsapp dan silakan klik pada opsi tiga titik yang ada di sebelah sudut kanan atas.
  • Kemudian klik pada menu pengaturan dan klik juga pada akun.
  • Akan tampil menu verifikasi 2 langkah dalam memastikan 6 digit kode rahasia.
  • Selanjutnya, kamu dapat aktivasi email dalam pemulihan kata kunci dan dengan demikian tidak akan sembarang bisa diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya di aplikasi WhatsApp, kamu juga dapat menerapkan verifikasi 2 langkah tersebut diaktivasi lain yang dianggap punya data rahasia penting. Dengan melakukan aktivasi, selanjutnya akan muncul informasi dari handphone kalau ada orang lain yang mengakses aplikasi itu.

4. Memakai WhatsApp Resmi

Cara untuk mengetahui WhatsApp disadap dari jarak jauh sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, memang untuk memulihkannya bisa jadi rumit untuk sebagian orang. Meskipun peretas tidak melakukan aktivitas merugikan, namun kamu sebaiknya tetap memakai WhatsApp resmi.

Hindari aplikasi WA mod yang mungkin berbahaya bagi keamanan data. Aplikasi WhatsApp yang sudah dimodifikasi punya potensi resiko tersendiri yang tidak akan ditanggung oleh pengembangnya.

Cara mengetahui WhatsApp disadap dari jarak jauh yang telah dijelaskan tentunya akan membantu kamu dalam memastikan perangkat diambil oleh orang lain atau tidak. Terlebih lagi, di masa sekarang ini data-data pribadi sangatlah penting dan rawan disalahgunakan untuk kepentingan tertentu.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar