3 Cara Share Lokasi Lewat Whatsapp (Lokasi Live dan Tertentu)

Aplikasi WhatsApp memang menyediakan banyak sekali fitur yang bisa memenuhi segala kebutuhan para penggunanya. Hal ini tidak hanya berkirim pesan panggilan atau yang lainnya. Akan tetapi juga bisa membantu untuk cara share lokasi lewat WhatsApp.

Pembagian lokasi yang ada di WhatsApp ini bisa membantu diri seseorang untuk mengetahui titik lokasi diri seseorang. Selain itu pengguna juga bisa mengatur berapa lama ingin membagikan posisi maupun lokasi tersebut. Bisa juga untuk berhenti membagikan posisi dan lokasi.

Cara Share Lokasi Lewat Whatsapp

Berhubung aplikasi WhatsApp ini sudah memiliki fitur enkripsi end to end, maka kamu tidak perlu khawatir selama penggunaan aplikasi, karena tidak ada pihak ketiga yang bisa membaca chat atau lokasi yang telah dibagikan.

Keberadaan dari fitur share lokasi secara real time yang ada di WhatsApp pastinya sangat berguna karena mempunyai banyak keuntungan yang bisa dirasakan. Seperti adanya keamanan selama berada di perjalanan, lebih mudah menemukan lokasi atau alamat tertentu.

Namun bagaimana cara share lokasi lewat WhatsApp yang bisa dilakukan? Berikut ini caranya:

1. Share Lokasi Whatsapp Current Location

Share-Lokasi-Whatsapp-Current-Location

Untuk share lokasi melalui current location ini lebih memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan pengiriman lokasi untuk saat ini tanpa adanya update pergerakan secara otomatis. Sehingga alamat atau lokasi yang dikirim biasa.

Untuk keberadaan current location ini tidak dapat dilakukan pengaturan waktu seperti share lokasi secara live. Langkahnya sangat mudah, seperti berikut ini:

  • Pertama, bukalah aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka chat pribadi maupun grup.
  • Lalu tinggal tekan icon + bagi pengguna iOS dan pilih clip kertas.
  • Bagi pengguna Android silakan klik icon clip pada chat room.
  • Selanjutnya pilih lokasi.
  • Secara otomatis akan muncul pilihan send your current location.
  • Nantinya sinyal GPS akan mendeteksi adanya keberadaan dari pengguna.
  • Pastikan bahwa titik lokasi telah benar dan akurat.
  • Setelah itu tinggal pilih dan klik send your current location.

2. Share Lokasi Live di WA

Share-Lokasi-Live-di-WA

Proses share lokasi secara live pada aplikasi WhatsApp ini bisa dilakukan supaya penerima sherlock bisa mengetahui lokasi yang dituju oleh pengirimnya. Kemana pun pengirim pergi, maka lokasi di maps tersebut akan menunjukkan keberadaannya.

Sangat disarankan sebelum mengirimkan sherlock, pengguna sebaiknya menentukan durasi pengiriman alamat terlebih dahulu. Langsung saja berikut caranya:

  • Pilih aplikasi whatsapp.
  • Untuk pengguna iOS bisa memilih icon tanda +.
  • Untuk pengguna Android bisa memilih icon clip di chat room.
  • Setelah itu pilih lokasi.
  • Apabila sudah muncul pilihan share live location, silakan klik.
  • Lalu tentukan durasi yang diinginkan untuk berbagi lokasi. Seperti 15 menit, 1 jam, bahkan sampai 8 jam.
  • Proses selesai.

3. Melalui Google Maps

Pada biasanya, beberapa orang juga merasa kurang puas ketika harus berbagi lokasi melalui fitur yang ada di WhatsApp secara langsung. Oleh karena itu, bisa menggunakan cara lain yaitu dengan mencari di Google Maps. Setelah itu mengirimkannya ke WhatsApp.

Dengan demikian, cara ini jauh lebih efektif dan akurat. Beberapa dari orang jauh lebih memilih membagikan alamat dengan link Google Maps karena lebih mudah dan titiknya juga tepat. Bagaimana caranya? Silakan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama silakan aktifkan izin lokasi terlebih dahulu.
  • Caranya bisa melalui menu setting.
  • Kemudian buka aplikasi Google Maps. Pada biasanya aplikasi ini sudah ada, karena bawaan dari HP.
  • Apabila belum memiliki, lakukan pengunduhan aplikasi Google Maps di Google Play Store.
  • Jika sudah masuk ke Google Maps, silahkan ketik alamat lengkap sesuai yang ingin dibagikan ke bagian kolom pencarian.
  • Ketika aplikasi sudah muncul, pengguna dapat secara langsung membagikannya.
  • Setelah itu tekan tombol share pada pojok bawah kanan.
  • Nantinya muncul beberapa aplikasi yang dapat dipilih untuk melakukan pengiriman alamat.
  • Silakan pilih menu opsi lainnya.
  • Kemudian klik logo WA.
  • Cari nama kontak yang ingin dikirimi alamat melalui Google Maps.
  • Apabila sudah masuk pada jendela obrolan, pengguna dapat secara langsung mengirimnya dengan cara menekan tombol kirim pada pojok bawah kanan.
  • Nantinya alamat dari Google Maps yang dikirimkan ke WA akan muncul berupa link yang secara otomatis mengarah ke aplikasi Google Maps. Dengan demikian pengguna dapat langsung mengakses Google Maps untuk mengunjungi lokasi yang sudah di bagikan.

Apakah Share Lokasi di Whatsapp Aman?

Seperti yang kita semua ketahui bahwa WhatsApp memiliki banyak fitur yang seringkali digunakan, salah satunya yaitu Sherlock. Ini merupakan sebuah fitur yang sangat membantu bagi diri seseorang yang sedang mencari alamat dan dapat berbagi lokasi terkini.

Fitur share lokasi bawaan dari aplikasi WhatsApp hampir sama seperti fitur yang dijumpai oleh Google Maps. Hal yang cukup menyenangkan bahwa sharelock ini dapat dilakukan untuk mengatur waktu sesuai yang ditentukan oleh penggunanya saat berkirim lokasi.

Apabila sudah melewati batas waktu yang sudah ditentukan, secara otomatis lokasi tersebut yang dikirim akan terhapus oleh sistem WA. Hal tersebutlah yang menunjukkan jika fitur sharelock di WhatsApp dikatakan sangat aman.

Baik itu untuk penggunaan Android atau iOS. Sangat disarankan agar menggunakan berbagai lokasi terkini dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya supaya lokasi tidak dapat dilacak orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Mengapa Berbagai Lokasi atau Share Lokasi di Whatsapp Gagal?

Kegagalan selama melakukan pengiriman lokasi pada aplikasi WhatsApp disebabkan karena beberapa hal. Pada biasanya fitur ini secara otomatis akan mempermudah pengguna untuk mencari alamat maupun lokasi yang dituju.

Namun sayangnya, apabila mengalami kendala tentu hal ini tidak bisa berjalan seperti apa yang diharapkan. Ada beberapa penyebabnya, seperti berikut:

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Untuk penyebab yang menjadi permasalahan dasar kenapa pengguna tidak dapat menggunakan share lokasi yaitu koneksi internet yang tidak stabil. Untuk bisa berbagi lokasi, pastinya pengguna wajib menggunakan internet yang baik supaya titik lokasi yang dibagikan juga akurat.

Sebelum berbagi lokasi, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kembali koneksi internet. Setelah itu juga lakukan restart ponsel supaya sinyal internet bisa stabil.

2. Fitur GPS Tidak Aktif

Permasalahan yang kedua yaitu fitur GPS yang ada di ponsel dalam kondisi yang tidak aktif. Sedangkan berbagai lokasi di WhatsApp sangat bergantung dari layanan GPS yang ada di masing-masing ponsel. Perhatikan GPS terlebih dahulu sebelum berkirim lokasi.

3. Menggunakan Google Maps Versi Lama

Segala jenis bentuk aplikasi sudah dilakukan update yang harus diikuti oleh penggunanya. Bisa saja penyebab dari Google Maps yang tidak bisa digunakan atau tidak akurat karena menggunakan Google Maps versi lama. Untuk solusinya, sebaiknya download Google Maps versi terbaru.

Berkat adanya fitur share lokasi yang diberikan oleh WhatsApp memang sangat membantu diri seseorang yang tidak mengetahui jalan bisa berbagi lokasi. Cukup dengan mengikuti share lokasi yang ada di WhatsApp, maka pengguna bisa datang ke lokasi secara akurat.

Ditambah lagi dengan cara share lokasi lewat WhatsApp yang dikatakan sangat mudah. Sehingga kamu tidak perlu bingung dan khawatir bagaimana langkah-langkah yang diikuti. Silahkan praktekkan seperti cara yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar